03 Januari 2009

Mendaftarkan Situs Ke "Search Engine" [Artikel Komputer]

Pada umumnya search engine atau mesin pencari menggunakan teknologi crawl, yang secara otomatis akan mengindeks seluruh halaman yang ada di web dengan cara menelusuri link-link yang ada.
Dengan cara ini, seseorang tidak perlu mendaftar ke search engine agar situsnya terindeks, tetapi harus dipastikan bahwa pada halaman lain yang sudah terindeks terdapat link ke arah situs baru yang belum terindeks. Mekanisme rutin yang dilakukan oleh search engine akan secara otomatis mengindeks situs baru tersebut.
Untuk mengetahui sebuah situs sudah terindeks search engine atau belum dapat dilakukan dengan cara menuliskan alamat situs tersebut di mesin pencari.
Misalnya dengan cara memasukkan "http://www.aryanto-gbs.blogspot.com/" tanpa tanda petik di Google, jika kemudian muncul situs tersebut di halaman hasil pencarian. Berarti situs tersebut telah terindeks Google.

Selain cara otomatis dengan membuat link dari halaman yang sudah terindeks, sebuah situs juga dapat didaftarkan secara manual ke search engine, di antaranya:
  1. * Google: http://www.google.com/addurl.html
  2. * Yahoo: http://search.yahoo.com/info/submit.html
  3. * Altavista: http://www.altavista.com/addurl/
  4. * DMOZ / ODP: http://www.dmoz.org/add.html
  5. * Alexa: http://www.alexa.com/support/get_archive.html
  6. * MSN: http://search.msn.com/docs/submit.aspx
Proses terindeksnya sebuah halaman ini membutuhkan waktu 1-6 bulan dan tidak ada jaminan bahwa search engine akan mengindeks situs yang didaftarkan.
**----Untuk Optimasi Situs pada Search Engine--**
Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah usaha mengoptimalkan sebuah halaman web di mata mesin pencari atau search engine. Tujuannya adalah menempatkan halaman web tersebut pada peringkat atas jika seseorang memasukkan kata kunci tertentu di search engine. Misalnya sebuah web site toko mobil, dioptimalkan untuk kata kunci "jual mobil baru", dengan harapan setelah web site tersebut dioptimasi, maka web site tersebut akan mendapat peringkat tinggi ketika seseorang memasukkan kata kunci yang dibidik tersebut. Dengan menggunakan teknik SEO, maka pengunjung web tersebut akan meningkat, terutama berasal dari pengunjung yang mencari informasi dari search engine.
Pada dasarnya sebuah search engine tidak membocorkan atau mengumumkan algoritma yang digunakan kepada umum, kecuali Google yang mematenkan algoritma dalam US Patent Application #20050071741 - Information Retrieval Based on Historical Data. Namun keberadaan paten ini tidak menunjukkan Google menggunakan algoritma ini, dan algoritma yang sesungguhnya tetap menjadi rahasia.
Meskipun algoritma search engine tidak dibuka untuk umum, tetapi ada dua teknik SEO yang didasarkan atas publikasi "Google Design and Contect Guidelines" di http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35769 dan "Yahoo Quality Content" di http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/search/basics/basics-18.html :
1. Teknik SEO On Page, yaitu dengan cara membuat sebuah halaman berisikan artikel yang bermutu, bukan copy-paste dari sumber lain, dan tidak terlalu banyak kata kunci karena bisa dianggap SPAM.
2. Teknik SEO Off Page, yaitu dengan menciptakan link sebanyak mungkin ke halaman tersebut. Semakin banyak halaman tersebut di-link oleh halaman lain, maka posisi halaman tersebut di search engine akan semakin bagus.
Teknik SEO yang biasa disebut White SEO adalah dengan cara membuat halaman tersebut sebagus mungkin di mata pengunjung, yaitu dengan konten yang original dan berkualitas, dengan harapan search engine dapat membedakan halaman yang berkualitas atau tidak. Teknik SEO yang biasa disebut Black SEO atau Blackhat SEO adalah dengan menggunakan trik-trik khusus selain meningkatkan kualitas halaman tersebut, seperti menempatkan kata kunci dengan teknik tertentu dan membuat link-link yang tidak alami. Teknik Black SEO sangat dibenci oleh search engine dan bisa mengakibatkan sebuah situs di-blacklist (tidak akan diindeks selamanya) oleh search engine.
Diperoleh dari "http://wiki.i-wirelessinnovation.com/index.php/Optimasi_Mesin_Pencari_(Search_Engine_Optimization)"
sumber : "http://wiki.i-wirelessinnovation.com/

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus jg tipsnya berguna buat sy belajar seo. yg perlu ditambahkan selain keyword, banyaknya backlink jg mempengaruhi PR kita. salam sukses

erwin mengatakan...

salam kenal. blognya bagus.