18 Juni 2011

Menghapus System Registry yang tidak perlu! [Artikel Komputer]

Kemarin pas lagi asyik main game disela-sela kesibukan tutup buku & sunyinya suasana ditengah perkebunan,



Ada temen lihat n bilang “wah seruu tuh gamenya, minta masternya donk”,

Ya udah langsung di kasih aja, trus gw tanya emang bisa installnya, tahapannya lumayan panjang loh gak sama ma install program biasa? Dia bilang “ya, ntar dicoba”. . .



Besoknya dia bilang “kayaknya gamenya gak support sama windows 7 ya”, gw bilang “gak lah tuh game kan keluarnya baru-baru ini”,



Gw cek Laptopnya, gw coba install tuh game, pas diminta “serial number” ternyata dah gak valid, ternyata dia udah install & di uninstall,



gw inget-inget lagi pelajaran sekolah dlu, “serial number pada program hanya bisa digunakan satu kali dalam system karena file sudah disimpan diregistry”



Jadi tuk install game itu gw hapus datanya di registri, berhubungan gw dah lupa gimana caranya, gw search di om google, di coba dan berhasil,

Karena girangnya, gw coba sharing ma ma temen2 yang mungkin punya problem yang sama,

Gueed Luck ya!

Hhaaaaa. . . . .











Membersihkan Windows Registry (regedit)







Windows Registry adalah sekumpulan file besar yang berisi informasi tentang hampir segala sesuatu yang terjadi pada komputer, dari kunjungan ke sebuah situs Web ke program instalasi. Registri juga berisi informasi tentang driver dan program penting lainnya, seperti DLL (Dynamic Linked Library) - program penolong kecil yang sering bekerja sama dengan lebih dari satu aplikasi. Informasi ini disimpan dalam bentuk "key" yang dapat membantu program lain yang dijalankan. Ini seperti cetak biru besar untuk semua tempat program berjalan pada komputer Anda dan bagaimana semuanya bisa cocok berjalan bersama. Hanya komputer yang menjalankan sistem operasi Windows ada registri.







Sebuah registri mungkin memiliki ratusan ribu masukan, dan masukan baru dibuat setiap saat. Karena dengan mengisi informasi, registri dapat menyebabkan komputer kinerja menjadi menurun. Salah satu masalah adalah bahwa Windows hampir tidak pernah menghapus entri registri, bahkan jika program ini dihapus, karena kebanyakan uninstallers tidak dapat secara efektif menghapus sendiri kunci registri.











Sebelum kamu memulai, penting bagi kamu untuk memahami cleaning registry



Dengan cara manual bisa berbahaya.



Satu salah langkah, menghapus atau mengubah Nilai nilai registry yang salah dapat menciptakan ketidak stabilan windows dan aspek2nya, yang membuat crashes Jadi, adalah suatu ide yang bagus untuk membuat suat back-up dari semua data yang ada dalam komputer kamu.







Sebelum memulai suatu pekerjaan dengan registry, kamu tidak akan melakukan kecelakaan jika kamu melakukan suatu kesalahan.







Ada dua cara untuk memback-up registry untuk melindungi dirimu.



Kamu juga dapat membuat suatu restore point dengan menggunakan windows system.



Restore, atau Export kemudain save satu copy dari registry ke lokasi lain di dalam komputer.







Membuat suatu restore point untuk back up registry adalah yang paling sederhana untu dilakukan. Dengan membuat suatu restore point, Komputer, secara effektif, dapat mengambil snap shot dari keseluruhan komputer, seketika itu juga dan menyimpannya bahkan jika terjadi sesuatu yang tidak beres dan penting untuk kembali ke point sebelumya.







Ini adalah cara bagaimana membuat suatu restore point didalam window XP atau Window 7 menggunakan suatu program yang disebut SYSTEM RESTORE (System Restore tidak tersedia dalam Window 98 or 95,)







Click Tombol Start untuk membuka Start Menu



Dari sini, Pilih semua Program, kemudian Accessories.



Kemudian, pilih System Tools, kemudian klik System Restore.



Dalam System Restore, pilih Create a restore point, dan klik Next,



Tandai tombol yang tertulis restore my computer to an earlier time. Ini akan digunakan untuk meletakkan komputer kembali ke cara sebelum suatu kesalahan terjadi. Beri Restoe Point suatu deskrisi yang jelas dan klik Create. Restore Point di buat dan ditandai dengan tanggal dan waktu.







Pilihan yang kedua, untuk membuat back up registry adalah dengan mengexport bagian2 (atau semuanya) dari registry dan simpan di tempat lain dalam komputer. Ini adalah cara untuk membuatnya :







Buka Regedit dengan meng klik Start, kemudian Run, dan ketik regedit kedalam dialog box dan klik OK







Dalam registry editor, Klik File, kemudian Export



Beri nama pada file dan pilih untuk menyimpan kesuluruhan registry.



(Semua Tombol dibawah area Export) atau hanya branch tertentu saja.



Klik Save dan Registry akan tersimpan didalam Folder Khusus.















DASAR DASAR MENGEDIT REGISTRY



Melakukan cara manual untuk mengubah registry adalah sama mudahnya mengklik folder, sama seperti dalam windows Explorer. Untuk memilih suatu folder, pilih nilai di sebelah kanan dan klik Delete. Jika kamu ingin men delete semua folder, sesederhana mengklik sebelah kanan folder dan Klik Delete mejadi hapus secara permanen folder dari registry. Karena proses ini sangat sedehana, pastikan kalau kamu tidak menghapus nilai yang salah.



Ayo kita lanjut ke sebuah contoh untuk mengilustrasikan bagamana mudahnya untuk menghapus suatu entry dalam registry. Pada kasus ini, mari kita hapus file ekstension



yang sudah tidak diperlukan yang disebut .in_.







Pertama, klik drop-down box sesudah HKEY_CLASSES_ROOT.



Scroll down ke .in_ dan klik sebelah kanan folder



Klik Delete.



Pada Prompt berikutnya, Klikk Yes menjadi delete permanen pada key berikut dan pada semua sub-sub key-nya.







KENAPA HARUS DIBERSIHKAN ?







Ada area-area tertentu dalam registry yang bisa dibersihkan secara manual. Mereka terdiri dari :



File extensions yang tidak dipergunakan oleh program manapun (.in_ misalnya)



Bekas-bekas Software tidak akan terhapus sepenuhnya File-file Duplicate



Spyware atau virus yang terletak dalam registry hardware driver yang out of date











BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN REGISTRY DENGAN AMAN







Sama mudahnya dengan memindahkan secara manual dan membersihkan dalam registry adalah pilihan yang lebih aman untuk mmenggunakan re registry cleaning software. Pembersih registry ini membantu mengurangi banyaknya resiko ketika kamu mencoba untuk membersihkan registry secara manual, dan sering meberitahumu apa-apa saja yang aman untuk dipindahkan. Masih,belum terbukti semuanya.Registry cleaning utilities tidak selalu memberitahumu apa yang mereka lakukan. Terkadang, mereka merekomendasikan program removing atau informasi dengan sedikit atau tidak sama sekali penjelasan, apa atau mengapa. Meskipun registry Cleaner mungkin mengatakan bahwa beberapa nilai registry tertentu dapat dipindahkan. Ini menjadi keliru dengan sangat mudahnya, jadi sangatlah penting untuk tidak percaya registry.







Membersihkan secara lengkap. Begitu sering, 'removable' program atau file dicampur dalam file atau program yang seharusnya tidak dihapusSayangnya, adalah penting untuk melewati semua masalah yang diperlihatkan (sebanyak munngkin)dalam rangka untuk lebih yakin kalau2 tidak ada satupun yang dipindahkan atau dihapus.







PROGRAM YANG DIANJURKAN







RegCleaner memberikan para penggunanya dengan berbagai ragam tabs untuk browse dan memperbolehkan mereka untuk menghapus nilai registry yang ada dibawah mereka sesuai yang mereka inginkan. Juga memberikan mereka dengan petunjuk2 apa2 yang



didelete atau apa yang harus ditinggalkan sendiri. Program ini juga menyediakan pilihan untuk menginstall atau memindahkan software, menambahkan atau memindahkan dari



startup list, menghapus file extension yang tidak ada hubungannya dengan program dan memindahkan ekstension pelindung. Kadang-kadang manfaat terbesar, Program



mempunyai back up tab dimana bentuk orisinil dari registry tersimpan sesudah terjadi tiap perubahan pada saat user malakukan kesalahan dan ingin me-restore suatu nilai yang



terhapusSatu kekurangan dari Regcleaner adalah interface tidak cukup dikenali, bahkan kadang membingungkan ketika kita tidak yakin dengan nilai dalam pertanyaan.



Intinya: RegCleaner adalah suatu program yang bagus, yang bekerja dengan sangat baik bagi orang-orang yang tidak punya waktu (atau energi) untuk membersihkan registry secara manual. Kurang bersihnya interface dan opsi scanning adalah jauh dari sempurna tapi gratis

Tidak ada komentar: